Profil dan Sejarah Klub Schalke 04

Profil dan Sejarah Klub Schalke 04
Nama lengkap     Fußball-Club Gelsenkirchen-Schalke 04 e. V.
Julukan     Die Königsblauen (The Royal Blues)
Die Knappen (The Miners)
Didirikan     4 Mei 1904; 111 tahun yang lalu
Stadion     Veltins-Arena, Gelsenkirchen
          (Kapasitas: 61.673)
Tim eksekutif     Peter Peters, Horst Heldt\Alexander Jobst
Pelatih     Roberto Di Matteo
Liga     Bundesliga


Ajangbola.com - Schalke 04 didirikan pada tahun 1904 oleh sekelompok remaja dari wilayah Schalke, Kota Gelsenkirchen dengan nama Westfalia Schalke, nama Schalke 04 sendiri baru digunakan pada tahun 1924, di tahun yang sama mereka juga mengubah warna kostum dari kuning dan merah menjadi biru dan putih.

Sepanjang sejarahnya Schalke telah mengumpulkan tujuh gelar juara liga hanya kalah oleh Bayern Muenchen (22 gelar) dan Nuernberg (9 gelar ), tapi semua gelar Schalke didapat pada masa sebelum Bundesliga musim pertama digulirkan, gelar juara liga terakhir mereka peroleh pada tahun 1958.

Puncak kejayaan Schalke 04 terjadi pada periode 1934-1942, dimana mereka meraih enam gelar juara liga. Mengandalkan Ernst Kuzorra (kapten tim) dan saudara iparnya Fritz Szepan yang memainkan sepak bola elegan mengandalkan umpan pendek, gaya permainan mereka disebut Schalker Kreisel (the Schalke Spinning Top).

Sayang pasca Perang Dunia kedua, perlahan-lahan kejayaan klub mulai memudar, pada dekade 1980'an, mereka tiga kali terdegradasi dari Bundesliga. Sebelum akhirnya bertahan di kompetisi tertinggi sepak bola Jerman itu sejak 1991.

Penampilan terbaik 'Die Königsblauen' di kompetisi antarklub Eropa terjadi pada musim 1996-97, di bawah asuhan pelatih Huub Stevens, Schalke berhasil membawa pulang trofi Piala UEFA setelah mengalahkan Inter Milan melalui adu penati.

Tahun 1998 Schalke memulai proyek pembangunan stadion baru Aufschalke Arena (sekarang lebih dikenal sebagai Veltins Arena), yang mulai ditempati sejak tahun 2001 menggantikan Parkstadion yang telah digunakan sejak 1973.