Profil dan Sejarah Klub Espanyol

Nama lengkap     Reial Club Deportiu Espanyol de Barcelona, S.A.D.
Julukan     Periquitos (Parkit) Blanquiblaus (Biru putih) Mágico (Magic)
Didirikan     28 Oktober 1900 (sebagai Sociedad Española de Football)
Stadion     Estadi Cornellà-El Prat, Barcelona, Catalunya,
Spanyol
           (Kapasitas: 40.500)
Ketua     Joan Collet i Diví
Manajer     Sergio González
Liga     La Liga Spanyol



Ajangbola.com - Reial Club Deportiu Espanyol de Barcelona  adalah sebuah klub olahraga berbasis di Barcelona, Spanyol. Barcelona adalah kota yang paling dikenal karena tim sepak bola nya. Espanyol saat ini bermain di Estadi Cornella-El Prat dengan kursi untuk 40.500 penonton. Stadion ini diresmikan pada 2 Agustus 2009. Espanyol sebelumnya bermain di Estadi Olimpic Llus Companys, yang juga menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 1992, dan pada Estadi de Sarria, yang menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 1982.

Espanyol didirikan pada tanggal 28 Oktober 1900 oleh ngel Rodrguez, seorang mahasiswa teknik di University of Barcelona. Rumah asli klub itu di distrik baik-off Sarria dan pada awalnya dikenal sebagai Sociedad Espaola de Football. Satu tahun kemudian, klub ini berganti nama ke Club Espaol de Futbol. Espanyol adalah klub pertama di Spanyol yang akan dibentuk secara eksklusif oleh fans Spanyol dari permainan.

Pada tahun 1928, Espanyol menjadi anggota pendiri La Liga, dan pada tahun 1929, tim pertama mereka memenangkan Copa del Rey. Tim ini telah sembilan kali Piala UEFA (termasuk kualifikasi 2006-07 mengikuti Piala Spanyol 2006 menang) dan mencapai final pada tahun 1988, Bayer Leverkusen kalah dari Jerman Barat kemudian-pada adu penalti (3-2), setelah sebuah kenangan rumah-dan-pergi akhir (3-0 di Barcelona, 0-3 di Leverkusen), dan pada tahun 2007, kalah dari Sevilla pada hukuman tendangan lain putaran (3-1), setelah pertandingan yang berkesan (berakhir 1-1 setelah yang normal waktu, dan 2-2 setelah perpanjangan waktu).

Pada tahun 1994, Espanyol menciptakan tim cadangan nya, Espanyol B, saat ini bermain di Segunda Divisin B. Espanyol bekerjasama dengan Panionios dan Swansea City. Espanyol memiliki pilihan pertama untuk membeli pemain dari tim-tim dan juga dapat pinjaman mereka pemain muda. Espanyol juga bekerja sama dengan Halmstad. Kesepakatan antara klub Halmstad memberikan hak untuk pinjaman sampai dengan tiga pemain dari Espanyol Espanyol B. tidak memiliki pilihan pilihan pertama dalam kerja sama ini.
Pada tahun 2009 klub itu dipengaruhi oleh kematian mendadak akibat serangan jantung Daniel Jarque kapten klub, yang meninggal pada saat sedang bermain.